Detail Skema Manajer Gudang

Persyaratan Skema - Unit Kompetensi - Elemen Kompetensi

Persyaratan Skema

  • Mahasiswa PPM dan jejaring PPM yang telah mengikuti sidang skripsi bagi S1 dan sidang thesis bagi S2, dan/atau peserta pelatihan di PPM dengan melampirkan sertifikat pelatihan terkait dengan skema
  • Memiliki pengalaman dalam pengelolaan sistem manajemen rantai pasok, manajemen logistik dan/atau manajemen pergudangan minimal 1 tahun (ditunjukkan dengan surat keterangan pengalaman bekerja dari perusahaan),
  • Ijazah Pendidikan terakhir
  • Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir
  • KTP


Unit Kompetensi

Elemen Kompetensi :
1. Merencanakan dan Mengembangkan Prosedur Operasional
2. Memonitor Implementasi Prosedur Operasional
3. Mengevaluasi Pelaksanaan Prosedur Operasional

Elemen Kompetensi :
1. Menganalisa Kebutuhan Logistik
2. Menganalisa Resiko-Resiko terhadap Dukungan Logistik
3. Mengembangkan Rencana Logistik

Elemen Kompetensi :
1. Mengidentifikasi Kebutuhan Ruang (space requirement)
2. Mengidentifikasi Persyaratan Keamanan dan Keselamatan (safety and security)
3. Mengembangkan dan Menerapkan Sistem Pendokumentasian
4. Merancang Zona Penyimpanan (storage zone)
5. Mengevaluasi Utilisasi Fasilitas (facility utilization)

Elemen Kompetensi :
1. Mempersiapkan untuk Melakukan Aktivitas Analisis Dukungan Logistik (LSA: Logistic Support Analysis)
2. Melakukan Aktivitas Analisis Dukungan Logistik (LSA)
3. Melaporkan Aktivitas Analisis Dukungan Logistik
4. Mempertahankan Rekaman Kegiatan Analisis Dukungan Logistik

Elemen Kompetensi :
1. Mengkomunikasikan Rencana Anggaran dan Keuangan
2. Memonitor dan Mengontrol Aktivitas-Aktivitas Operasional terhadap Rencana
3. Melaporkan Hasil dari Rencana Keuangan

Elemen Kompetensi :
1. Bekerja dalam Sistem Peningkatan Kkualitas (Quality Improvement System)
2. Menggunakan Teknik, Alat, dan Sistem Peningkatan Kualitas

Elemen Kompetensi :
1. Mempersiapkan Audit Internal
2. Menjadwalkan Audit Internal
3. Melakukan Audit dan Mendokumentasikan Temuan (Findings)
4. Melaporkan Hasil Audit

Elemen Kompetensi :
1. Mengakses Informasi tentang Kebijakan dan Prosedur WHS/OHS dan Tempat Kerja
2. Menerapkan dan Memantau Prosedur untuk Mengidentifikasi dan Menilai Bahaya (Hazards) • Kriteria Unjuk Kerja:
3. Menerapkan dan Memantau Prosedur untuk Mengendalikan Risiko
4. Merencanakan dan Mengawasi Pengaturan Kerapihan (Housekeeping)
5. Mengimplementasi dan Memonitor Prosedur Penanganan Peristiwa-Peristiwa Berbahaya (hazardous events)

Elemen Kompetensi :
1. Mengelola Kontrak Pemasok
2. Melengkapi Dokumen Pemasok

Elemen Kompetensi :
1. Menetapkan Fungsi Rantai Pasok
2. Memantau Rantai Pasok
3. Memantau Keamanan (Security) Rantai Pasok
4. Berkontribusi terhadap Prakiraan Penjualan (Sales Forecasting) yang Terkait dengan Pergudangan, Distribusi dan Operasi Rantai Pasok
5. Membuat Rekomendasi untuk Memperbaiki Efektivitas Rantai Pasok

Elemen Kompetensi :
1. Memperjelas Pergerakan Barang yang Mudah Meledak, Berbahaya, Berpotensi Bahaya, atau Berisiko Tinggi
2. Mengimplementasikan Prosedur Pengendalian Keselamantan dan Bahaya untuk Aktivitas Pemuatan (Loading), Pembongkaran (Unloading), dan Pergerakan Barang.
3. Memeriksa dan Menyelesaikan Operasi Transfer/Pemindahan Barang

Elemen Kompetensi :
1. Membuat Rencana Kinerja Tim
2. Mengembangkan dan Memfasilitasi Kohesi Tim
3. Memfasilitasi Kerja Tim
4. Membangun Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan

Elemen Kompetensi :
1. Menentukan Peluang Dan Kebutuhan Pengembangan Organisasi
2. Merencanakan Strategi Intervensi (*Perubahan Terencana terhadap Individu dan Kelompok/Tim)
3. Menerapkan Strategi Intervensi

Elemen Kompetensi :
1. Menetapkan Konteks Manajemen Risiko
2. Merencanakan Manajemen Risiko
3. Mengelola Risiko
4. Mengevaluasi Rencana Manajemen Risiko